Kurikulum
Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) SMP Negeri 3 Ngaglik memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan sebagai acuan seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum satuan pendidikan dikembangkan dan dikelola dengan mengacu kepada struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan oleh pemerintah dan menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik di dalam satuan pendidikan. Dalam proses penyusunan dokumen KSP, kepala satuan pendidikan didorong untuk melakukan analisis dan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dijalankan secara sistematis dan terstruktur. Proses ini akan memunculkan kemandirian dan mengembangkan kompetensi kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengorganisasi dan merencanakan pembelajaran dengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan kondisi dari satuan pendidikan berdasarkan hasil refleksi dan evaluasi berbasis data.
Kurikulum Satuan Pendidikan yang akan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Ngaglik merupakan pengalaman sekaligus tantangan baru bagi sekolah untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, lulusan yang menjawab tantangan jaman yang tidak hanya unggul dalam intelektual namun unggul dalam karakter sesuai dengan visi dan misi dari SMP Negeri 3 Ngaglik. Kurikulum ini dikembangkan dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah disusun secara Nasional, kemudian diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran berdasar Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang sudah disusun. Kurikulum Satuan Pendidikan SMP Negeri 3 ini mengakomodir kebutuhan para pelajar untuk mengembangkan kemampuan ketrampilan abad 21 yang meliputi integrasi Penguatan Pendidikan Karakter untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, literasi, 4C (Creative, Critical thinking, communicative, dan Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Capaian pembelajaran yaitu menciptakan Profil Pelajar Pancasila yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Dalam upaya mengoptimalkan layanan Kurikulum Satuan Pendidikan SMP Negeri 3 Ngaglik, kami mencoba mengidentifikasi data kondisi satuan pendidikan. Untuk selanjutnya kami melakukan skala prioritas dalam hal perbaikan layanan pendidikan. Dalam upanya perbaikan tentunya dibutuhkan perencanaan yang matang yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengembangan profesional PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), dan pengelolaan sumber daya. Proses perencanaan dilanjutkan dengan implementasi dan evaluasi secara berkala untuk memastikan proses implementasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Umpan balik dari peserta didik, wali murid, maupun pihak eksternal juga kami perlukan demi optimalisasi layanan pendidikan.