Ngaglik, 21 April 2025 — Suasana meriah dan penuh semangat kebangsaan tampak mewarnai halaman SMP Negeri 3 Ngaglik pagi ini, saat seluruh peserta didik kelas 7, 8, dan 9 mengikuti Karnaval Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Kartini. Dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara, para siswa tampil penuh percaya diri dan bangga menunjukkan kekayaan budaya Indonesia.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah, yang diwakili oleh Staf Kesiswaan Nurul Khasanah, S.Si. , yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya meneladani semangat juang R.A. Kartini serta menjaga keberagaman budaya Indonesia sebagai kekuatan bangsa.
“Kegiatan karnaval ini bukan hanya untuk memperingati perjuangan Ibu Kartini, tetapi juga sebagai bentuk kecintaan kita terhadap budaya bangsa. Kami ingin anak-anak memahami bahwa keberagaman adalah kekayaan, dan Kartini telah membuka jalan bagi generasi muda untuk bebas berkarya dan belajar,” ujar Ibu NurulKhasanah, S.Si.
Rute karnaval dimulai dari halaman sekolah, menyusuri jalan kampung sekitar, dan kembali ke lapangan utama. Sepanjang perjalanan, warga sekitar tampak antusias menyambut rombongan karnaval, bahkan banyak yang mengabadikan momen tersebut dengan ponsel mereka.
Berbagai pakaian adat seperti kebaya Jawa, baju bodo dari Sulawesi, ulos Batak, pakaian adat Bali, hingga baju tradisional dari Papua menghiasi barisan peserta. Tak hanya mengenakan busana adat, beberapa siswa juga menampilkan tarian dan nyanyian daerah sebagai bagian dari atraksi budaya.
Acara ini ditutup dengan penampilan seni dari perwakilan tiap kelas dan pengumuman peserta terbaik dalam kategori kostum, kekompakan, serta penampilan budaya. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari para guru, orang tua, dan masyarakat sekitar karena dinilai mampu menumbuhkan semangat nasionalisme sejak dini.
Dengan digelarnya karnaval ini, SMP Negeri 3 Ngaglik berharap dapat terus menanamkan nilai-nilai kebangsaan, semangat emansipasi, dan cinta budaya pada generasi muda sebagai wujud nyata dari perjuangan R.A. Kartini.